Resiko Penyakit Berbahaya, Jika Wanita Cebok Sembarangan

KubahDunia.com Sejumlah risiko penyakit bisa muncul bila seorang wanita tidak cebok alias membersihkan bagian intim dengan benar.
wanita-cebok-sembarangan

Begitu disampaikan dokter spesialis kandungan, Liva Wijaya, SpOG di sela-sela acara temu media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

"Bila tidak ditangani dengan baik, infeksi vagina berulang akan meningkatkan risiko infeksi panggul, gangguan saluran kencing, sulit memiliki anak, perlengketan rahim, termasuk perlengketan saluran telur dan usus hingga kanker serviks (vulva vagina), kerusakan sistem imun tubuh hingga infeksi menyeluruh (sepsis)," katanya.

Sayangnya, penyakit ini tidak mudah dideteksi. Perlu ada pemeriksaan khusus dan muncul gejala seperti keputihan yang menimbulkan bau tak sedap dan warna kekuningan seperti nanah. Biasanya kondisi ini juga sering disertai dengan sakitnya bagian bawah perut.

"Kalau USG, terlihat ada kista tapi isinya nanah. Itu akibat hygiene enggak baik," ujarnya.
Untuk menjaga kebersihan organ intim, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti:

- Mencuci bagian luar--hanya bagian vulva--dengan air bersih dan sabun yang tidak menimbulkan iritasi
- Membasuh vagina dari arah depan ke belakang, dikeringkan dengan handuk atau tissu lembut dengan arah yang sama tidak berulang
- Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu ketat, bila lembap segera ganti.


Wanita yang hebat adalah wanita yang menjaga kesehatan[liputan6.com]

No comments:

Post a Comment

Saran dan Kritik Selalu Kami Harapkan, Demi Perbaikan Website Ini

Disclaimer | Privacy | TOS | Sitemap | About | Contact Me

Copyright © Kubah Dunia. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design